Masyarakat Minang Merantau Untuk Memberi Manfaat

Batubara – Kelompok masyarakat yang tergabung dalam etnis Minang merupakan salah satu yang paling banyak merantau di berbagai daerah di Indonesia, khsusunya di sepanjang Pulau Sumatera.

Saat merantau, masyarakat Minang selalu membawa dan menerapkan prinsip yang sesuai dengan pepatah “Dima bumi dipijak, di sinan langik dijunjuang”.

Hal itu ditegaskan salah satu tokoh masyarakat Minang Sumatera Utara H. Nasril Bahar, SE., saat memberi kata sambutan dalam Pentas Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Batubara edisi Minang, Senin (8/10) di Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara.

“Masyarakat Minang kemana pun merantau harus mampu beradaptasi dengan masyarakat lokal, menghargai adat dan budayanya, tapi tidak kehilangan jadi dirinya,” katanya disambut tepuk tangan meriah dari ratusan masyarakat yang berhadir.

Masyarakat Minang, lanjut Nasril yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PAN, membawa serta banyak manfaat ke tempat perantauannya.

“Masyarakat Minang tidak membawa persoalan di kampungnya ke perantauan, tidak membuat masalah. Masyarakat Minang merantau untuk memberi manfaat, membantu masyarakat lokal,” ujarnya.

Share This

Nasril Bahar Center