Pelatihan IKM Konveksi Koperasi Wanita Al Fairruz Kabupaten Langkat

Puluhan wanita dari Kabupaten Langkat yang tergabung dalam Koperasi Wanita Al Fairruz mendapat kesempatan untuk mengikuti Pelatihan IKM Konveksi selama empat hari di Novotel Soechi Medan, September 2017 lalu.

Pelatihan ini dilaksanakan oleh Kementerian Koperasi Republik Indonesia atas rekomendasi Nasril Bahar selaku anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PAN asal Daerah Pemilihan Langkat, Binjai, Siantar, Simalungun, Tanah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Batubara, Asahan dan Tanjung Balai.

Menurut Nasril Bahar, pelatihan ini dilakukan bagi anggota Koperasi Wanita Al Fairuuz binaan DPD PAN Kabupaten Langkat yang merupakan pelaku usaha eksisting yang ingin dikembangkan lebih lanjut.

Selama pelatihan, para peserta diberikan pelatihan teknik jahit menjahit busana tradisional dan kontemporer oleh instruktur yang khusus didatangkan oleh Kementerian Peridustrian dari Kota Bandung. Instruktur dari Bandung dipilih karena Kota Bandung merupakan salah satu pusat industri konveksi termaju di Indonesia.

Pada pelatihan ini, para peserta yang telah memiliki pengetahuan dasar jahit menjahit lebih banyak diberikan praktek langsung menjahit baju tradisional yang memiliki tingkat kesulitan dan kreatifitas yang tinggi. Para peserta dipandu untuk praktek langsung mulai dari menciptakan motif, memilih jenis kain, memotong kain, membuat pola dan menjahit hingga jadi.

Berkat kesungguhan dan tekad yang kuat untuk bisa mahir, akhirnya seluruh peserta mampu menyelesaikan busana rancangannya masing-masing pada hari terakhir pelatihan dan diperagakan oleh mereka masing-masing dihadapan anggota Komisi VI DPR RI, H Nasril Bahar, SE, Direktur IKM Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Kabid Perindustrian Disperindagkop Kabupaten Langkat serta Ketua DPD PAN Kabupaten Langkat.

 

Usai pelatihan seluruh peserta mendapatkan bantuan hibah mesin jahit dan mesin obras dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia serta mendapatkan order perdana dari Nasril Bahar berupa 100 unit busana muslimah. (Aulia Hardi)

(sumber: NBC)

Share This

4dm1n