Pelatihan Kewirausahaan Eks TKW di Kabupaten Simalungun

Anggota DPR RI, H.Nasril Bahar,SE memfasilitasi pelaksanaan Pelatihan Kewirausahaan kepada eks Tenaga Kerja Wanita (TKW) se-Kabupaten Simalungun oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Simalungun di Hotel Prima Jaya, Perdagangan, 27 Agustus 2017.

Menurut Nasril Bahar, pelatihan ini dilaksanakan atas kekhawatiran akan nasib eks TKW yang sulit untuk menciptakan peluang usaha ekonomi keluarga pasca tidak bekerja sebagai TKW di luar negeri lagi. Kebanyakan eks TKW ini menganggur sehingga kehilangan sumber penghasilan buat diri dan keluarganya sehingga kebanyakan mengalami kesulitan ekonomi.

Pelatihan Kewirausahaan ini memberikan motivasi dan membuka peluang inovasi wirausaha buat para eks TKW yang menjadi pesertanya. Selain pemateri dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia juga dihadirkan Bank Mandiri dan Bank BRI selaku pelaksana Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk akses permodalan, Bulog dengan program usaha kemitraan Rumah Pangan Kita (RPK) serta cerita sukses dari pelaku usaha di Simalungun.

Nasril Bahar mengaku bahwa eks TKW merupakan problematika bangsa yang perlu diprioritaskan oleh negara untuk ditangani. Hal ini disebabkan jumlahnya yang tidak sedikit serta penangannya yang perlu lintas instansi dan departemen.

Sebagai stimulan bagi para peserta, dalam pelatihan ini dipilih 10 peserta yang akan diikutkan dalam program Wirausaha Pemula Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia yang berhak menerima bantuan hibah modal awal untuk berusaha dari pemerintah.

Nasril Bahar juga memberikan kesempatan kepada peserta yang ingin menjadi berusaha berjualan bahan pokok dengan menjadi mitra usaha Rumah Pangan Kita (RPK) Bulog. Dimana Nasril Bahar bersedia membantu modal awal yang nantinya dikembalikan secara menyicil oleh peserta yang berminat. (Aulia Hardi)

(sumber: NBC)

Share This

4dm1n